Laman

Kamis, 07 Februari 2013

PENGERTIAN WUJUD SECARA SYARI'AT



فهو الوجود صفة له تعالى حقيقة بدليل ان علمآء التوحيد اقام عليه الدليل ولوكان عين الذات لم يقيم عليه دليلا وهل يجب على المكلف الجزم بان الوجود عين الذات او غيرها او لا يجب ؟

Maka dia (ada) satu sifat untuk Nya yang haqiqy / sebenarnya Ada, dibuktikan dengan dalil, sungguh ulama'' ahli tauhid telah menegakkan dalil atas wujud / adaNya, meskipun keberadaan Dzat secara spesifik tidak ditegakan dalil atasNya.Apakah diwajibkan atas mukallaf harus yaqin yang pasti pada wujud nya ashlinya Dzat atau yang lain ? atau tidak diwajibkan ?

 فالجواب انه لا يجب وانما الواجب عليه الجزم بان وجوده تعالى واجب! لايقبل الانتفآء ووجوده تعالى من غير مادة ومن غير واسيطة بمعنى انه لم يؤ ثر احد في وجوده تعالى بل وجوده لذاته بمعنى انه لم يفتقر الى من يجيده وذاته اقتضت وجوده
بمعنى انه لم يوجد هو نفسه ثم ان وجوده تعالى قدشهد به كل موجود فلا ينكره الا من طمس الله على بصيرته كالدهرية وهم فرقة ينكرون وجود الصانع ويقولون ان هي الا ارحام تدفع وارض تبلع وما يهلكنا الا الدهر اي الزمن فينصبون الاهلاك للدهر فلذا سموا الدهرية فويل لهم من العذاب الشديد

 Jawaban nya sesungguhnya tidak wajib.

 Hanyalah yang diwajibkan atas mereka (mukallaf) yaqin dengan pasti bahwa ada Nya wajib! Tidak menerima tidak! Dan ada Nya bukan dengan unsur'' dan tidak ada perantara Nya.Dalam artian Sesung guhnya tidak diakibatkan oleh sesuatu yang mengadakan Nya, sebaliknya adanya Dzat Nya tidak butuh pada yang mengadakan dan Dzat Nya itu tidak diciptakan Nya sendiri.Kemudian ada Nya te lah disaksikan kebenarannya oleh tiap'' yang yang ada / makhluq maka tak ada yang mengingkari, terkecuali yang telah dihapus oleh Allah Aqalnya, seperti Dahriyah / Atheis.Mereka golongan yang meng ingkari adanya "pencipta", mereka mengatakan alam rahim yang me lahirkan dan bumi yang menelan, tidak yang membinasakan melain kan zaman / waktu, mereka sandarkan kerusakan pada waktu, oleh sebab itu mereka disebut Dahriyah. Neraka Weil tersedia buat mere ka dengan siksaan'' yang sangat pedih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar