Laman

Sabtu, 02 Februari 2013

KUMPULAN RISALAH DIRI DALAM MENGENAL AGAMA

بسم الله الرحمن الرحيم

والحمد لله رب العالمين , والصلاة والسلام على سيدنا ومولانا رسول الله محمد صلي الله عليه وسلم وآله واصحابه  ومن تبعهم باحسان الي يوم القيامة أما بعد وهذا رسالة الصغيرة تسمي بكتاب الجواهر الفكرية للفقير محمد علي البائس زين ابن محروم في بيان ملاحظة الموحدين 
في ذكر الله فى علم التصوف  




Segala puji hanya milik Allah Tuhan semesta alam yang Maha Pengasih tanpa pilih kasih, kasih sayang-Nya tak terbayang. Dialah yang memberikan kekuatan, taufiq, serta hidayah pada al-faqir . Sholawat serta Salam allah yang selalu Tercurahkan pada junjungan Kita yang menjadi Utusan pembawa risalah allah untuk semesta alam Muhammad SAW serta seluaruh keluarganya,sahabat-sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti beliau - beliau dengan kebaikannya sampai hari qiyamat nanti. dan Risalah kecil ini saya beri nama Kitab Jawaahirul fikriyyah (mutiara pemikiran dari allah) Dalam menerangkan penglihatannya orang-orang yang bertauhid dalam mengingat allah di dalam ilmu tasawuf  semoga tulisan ini bisa memberi penjelasan pada sahabat-sahabat yang ingin memahami ilmu tasawuf sufi.

PENGERTIAN SALIK DAN PEMBAGIANNYA


قال النبي صلي الله عليه وسلم من اعان علي معصية ولو بشطر كلمة كان شريكا له فيها وان كانت نيتك وقصدك بينك وبين الله تعالي من طلب العلم الهداية دون مجرد الرواية فأبشر 




Sabda Nabi Sollallahu 'alaihi wasallah :Siapa saja yang menolong orang di dalam kema'siyatan biarpun setengah kalimah orang itu sudah termasuk bersekutu dengan orang yang berma'siyat tadi (hukumnya sama) namun jika dalam menelongnya karena melihat hubungan antara allah dengan dirimu dan sesamamu maka berbahagialah hati kalian seperti berniat belajar memahami tentang ilmu Hidayah bukan Niatan pribadimu .


اذا سعيت ولكن ينبغي لك ان تعلم قبل كل شيء أن الهداية التي هي ثمرة العلم لها بداية ونهاية وظاهر وباطن ولا وصول الا بعد احكام بدايتها

Sebelum engkau Berjalan dalam mengarungi setiap kehidupan maka lebih baik Niatilah perjalananmu untuk mencari pemahaman (ilmu) tentang semua yang Ada ... karena sesungguhnya Hidayah itu Buahnya Ilmu Bagi sang pejalan, awal - dan akhirNya dhohir dan batinNya, karena engkau tidak akan sampai pada Buahnya ilmu kecuali setelah mentapi akan ketetapan di awalNya niat belajar (hidayah) dariNya



Jika ilmu pengetahuan itu bisa membuat orang bodoh akan sebuah kehormatan dunia,manusia segan kepadamu, kaum terpelajar menghargai dan mencintaimu, apakah alasan itu Belumlah cukup untuk menyemangatimu untuk mencari ilmu ....


Jika kebodohan hanya bisa membuat orang bodoh iri atas orang berilmu dan senang melihat orang yang bodoh seperti mereka, alasan ini cukup untuk mengharuskan kita mencarinya (ilmu) ... 

Jika ilmu pengetahuan dan sikap ketaatan diri dalam meraihnya tidak memiliki tujuan apapun selain membebaskan manusia dari lelahnya kegelisahan dan kecemasan yang membuat pikiran menderita, alasan-alasan itu sangatlah cukup untuk membawa kita untuk mencari ilmu.... 

JADI MALILAH MENJADI SEORANG MUSLIM YANG JAHIL ..... 
NAMUN JADILAH SEORANG MU'MIN YANG UMMII SEBAGAI MANA RO'AITUMUUNII 

SAIYIDUL MUSHTHOFAA AHMAD SAW 



السالك هو الذي مشي علي المقامات بحاله لا بعلمه وتصور ه



Yang di maksud dengan Salik adalah orang yang berjalan pada beberapa kedudukan dengan Tingkahnya bukan dengan Ilmunya dan tingkahnya itu sendiri menggambarkan Ilmunya dengan tingkah yang di amalkannya 


وينقسم الي ثلا ثة اقسام المبتدئ وهو اهل الشريعة وعلمه بعلم اليقين وعلامه عالم الناسوت والمتواسط وهو اهل الطريقة وعلمه بعين اليقين وعلامه عالم الملكوت والمنهي وهو اهل الحقيقة وعلمه بعلم الله اي بحق اليقين وعلامه عالم الجبروت واللاهوت


Dan maqomat salik itu di bagi menjadi 3 : 
MUBTADI'I yaitu Orang'' syairi'at dan ilmunya itu ilmu yaqin dan alamnya itu disebut alam para demit jim syetan (nasut)

MUTAWASHITH yaitu orang-orang Thoriqoh dan ilmunya itu disebut 'ainul yaqin dan alamnya itu disebut alam para malaikat (taat) dengan ketatapanNya .

MUNTAHI yaitu Orang-orang Haqiqat Dan ilmunya itu di sebut ilmunya allah / haqqul yaqin dan alamnya di sebut alam jabarut (nabi dan rosul) serta alam lahut (tanpa batas) karena keluasaan allah itu tidak bisa di ukur dan di kira'' dan semua yang ada itu HAQ milik allah semata.


PENGERTIAN TENTANG SYARIAT 
THORIQOH DAN HAQIQAT




فَشَرِيعَةٌ أَخْذٌ بِدِينِ الخَالِقِ وَقِيَامُهُ بَالأَمْرِ وَالنَّهْيِ انْجَلاَ



Syariat adalah kepatuhan diri untuk tetap dengan agama Allah, untuk mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.





الشريعة لامتثال أوامر الله واجتناب نواهيه ظاهرا وباطنا مع استشعار 
التعظيم لله والهيبة والخشية والرهبة من الله تعالى 


Di umpakan Amaliyah Untuk mematuhi perintah Allah dan menghindari larangan-Nya baik dalam dan luar dengan Ibadahnya diri (kepada Allah) dan ketakwaannya (dari Allah) semata.





وقال ايضا الشريعة هو الذي يتصور ويلاحظ معني لااله الا الله بمعني لا معبود الاالله اي بشهودما من العبد الي الله او من عبد الي العبد


Dan pendapat yang lain mengatakan yang di maksud dengan syari'at adalah seseorang yang menemukan / melihat dengan pemahaman makna LA ILAA HAILLALLAH dengan makna Tidak ada yang di sembah kecuali allah, intinya dalam penyaksiannya di semua ibadah itu dari Hamba kepada allah / dalam perkara umum dari hamba pada hamba, puji hudus pada hudus / hudust ala qodim



وثانيها الا الله وهو حمد القلب الذي يسمى بالطريقة وعلامه عالم الملاكوت 


KEDUA : mengucapkan ILLALLAH yaitu menjadi pujinya HATI dan di sebut dengan sebutan pujinya orang THORIQOH adapun alamnya orang thoriqoh di sebut alam MALAKUT 


وَطَرِيقَةٌ أَخْذٌ بِأَحْوَطَ كَالوَرَع وَعَزِيمَةُ كَرِيَاضَةٍ مُتَبَتِّلاَ


Thoriqoh berarti mengikuti tindakan / tingkah laku dan pencegahan Nabi muhmamad sawdalam kebiasaannya, seperti wara'a (untuk menghindari hal-hal yang sah dalam ketakutan masuk ke hal-hal yang melanggar hukum) dan untuk membuat tekad yang kuat, seperti riyadah (untuk melatih jiwa dan tubuh akan terbiasa untuk melakukan perbuatan baik) terlibat dalam hanya Allah itu berpikir.


وَلَقَدْ خَلَقْنَا فَوْقَكُمْ سَبْعَ طَرَائِقَ وَمَا كُنَّا عَنِ الْخَلْقِ غَافِلِينَ


” Dan Sesungguhnya kami Telah menciptakan di atas kamu tujuh buah jalan (tujuh buah langit) dan kami tidaklah lengah terhadap ciptaan (Kami).”

Al-Jin ayat 11 :





وَأَنَّا مِنَّا الصَّالِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَلِكَ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَدًا



” Dan Sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang shaleh dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda.”

dalam Surat Al-Jin ayat 16 :





وَأَلَّوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لأسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا

” Katakanlah (hai Muhammad):

“Telah diwahyukan kepadamu bahwasanya:

Telah mendengarkan sekumpulan jin (akan Al Quran), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami Telah mendengarkan Al Quran yang menakjubkan.”

Kata “ thoriqoh “ dalam ayat itu berarti “ agama Islam “
demikian beberapa makna thoriqoh dari segi bahasa.

وقال ايضا هو الذي يتصور ويلاحظ معني لااله الا الله بمعني لا مقصود الا الله اي بشهودما من الله الي العبد


Dan pendapat yang lain mengatakan yang di maksud dengan thoriqoh adalah seseorang yang menemukan / melihat dengan pemahaman makna LA ILAA HAILLALLAH dengan makna Tidak ada yang di tuju kecuali allah intinya dalam penyaksiannya orang thoriqoh di semua ibadah itu dari allah kepada hamba / dalam perkara umum dari allah pada hamba, puji qodim pada hudus 
.

لأن وجود عند اهل الشريعة والطريقة وجودان وهو وجود الحق المعبود ووجود الخلق هو العابد اي انسان ووجود الحق هو المقصود ووجود الخلق هو القاصد

Karena dalam pemahaman orang syariat dan orang thoriqoh itu masih ada wujud dua yaitu wujud yang Haq yang di sembah dan wujud ciptaan yaitu yang menyembah (insan) dan wujud haq yaitu yang di maksud dan wujud ciptaan yaitu orang yang mencari yang di maksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar